MAKASSAR, – Riri, demikian sapaan akrab Rifdah Mufiidah Rusli yang terpilih sebagai alumni terbaik Program Studi Kesehatan Masyarakat (Prodi Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) wisuda periode I tahun 2018.

Mahasiswi asal Kabupaten Kepulauan Selayar yang mengambil peminatan Epidemiologi ini meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97.

Dengan menyelesaikan skripsi berjudul ‘Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Flor Albus pada Remaja Putri di SMK Negeri 6 Makassar Tahun 2018′, Riri berhasil meraih gelar SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat).

Kata dia, do’a serta dorongan moral dan moril dari orang tuanya dalam penyelesaian studi merupakan faktor utama pencapaiannya kali ini.

“Juga tak lupa para dosen yang tentunya berperan aktif dalam transfer of knowledge didalam proses belajar mengajar, serta saudara seperjuangan saya di FKM UMI selama ini,” jelasnya.

“Apa yang saya raih ini, semoga lebih meningkat kedepannya. Tentunya jangan lupa terus berjuang untuk yang terbaik serta jangan lupa berdo’a serta berikhtiar,” tambahnya.

Putri pasangan Muh. Rusli, S.Pd, MM dan Erniwati, S.Pd ini, berhasil mempertahankan nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) sempurna selama empat semester.

“Dari semester satu hingga empat dapat IPK 4.00, tapi sejak semester lima sampai semester akhir jadi 3.97,” ujarnya.

Riri sepakat dengan pernyataan bahwa mempertahankan prestasi lebih sulit dibanding mendapatkannya. Menyikapi hal itu, Riri menyarankan agar teman-teman mahasiswa tidak mengadopsi sistem kebut semalam.

“Belajar itu dari jauh hari, jadi kalau mendekati jadwal ujian pelajarannya tinggal direview,” tuturnya.

“Setiap pulang kuliah, pelajaran yang sudah diajarkan diulang kemudian dicatat kembali, supaya bisa mengingat kembali pelajarannya,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here