MAKASSAR, – Wakil Dekan 3 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Musli Indonesia (FKM UMI), Dr. Andi Surahman Batara, S.KM, M.Kes meminta terminal untuk melakukan pembenahan jelang mudik lebaran yang diperkirakan puncaknya, Minggu, (10/6/2018) nanti.

“Saya kira terminal sebagai salah satu fasilitas transportasi harus berbenah jelang mudik. Terminal harus memperhatikan aspek keamanan, kesehatan dan kenyamanan pemudik,” ujar Surahman Batara, Jumat (8/6/2018).

Kata dia, kondisi terminal yang ada di Sulawesi Selatan saat ini masih jauh dalam kategori ”terminal sehat’ yang dapat memenuhi indikator lingkungan dan sosial.

“Fasilitas penunjang terminal seperti WC umum, tempat sampah, fasilitas disabilitas, ruang tunggu, ruang informasi, ruang menyusui bayi, kantin semuanya ini harus dalam kondisi layak,” tegasnya.

Selain itu, ia meminta pihak terinal memeriksa kondisi angkutan umum sebelum meninggalkan terminal harus dipastikan dalam keadaan layak dan para sopir juga harus dijamin dalam kondisi yang sehat.

“Dan jangan lupa pos kesehatan harus siap.
Petugas keamanan juga harus siap dan jumlah personel harus ditambah,” jelasnya.

Diketahui, Surahman menyandang gelar doktor bidang ilmu kesehatan masyarakat setelah mempertahankan disertasinya berjudul Model Konsep Setting Terminal Sehat di Sulawesi Selatan pada ujian promosi doktor di Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here