MAKASSAR, – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) selalu mengikuti perkembangan zaman.

Diketahui, arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital.

FKM UMI mengaku siap untuk menghadapi perkembangan ini. Salah satu upayan yang dilakukan yakni dengan menyiapkan tenaga pengajar atau dosen berkualitas bagi generasi masa depan.

Selanjutnya, bersiap melakukan perubahan program dan model layanan yang lebih banyak menyediakan atau menggunakan teknologi digital (online).

“Saat ini, dosen FKM UMI telah menerapkan bimbingan tambahan di luar kelas yakni melalui online kepada mahasiswanya,” ujar Dekan FKM UMI, Dr. R. Sudirman, M.Si.

Selain itu, FKM UMI juga telah menerapkan pengurusan Kartu Rencana Studi (KRS) online denga memakai sistem jaringan terpadu. Mahasiswa dapat melakukan pengisian KRS melalui handphone.

“Kami siap hadapi era digital. Sudah banyak yang diterapkan di FKM UMI. Baru-baru ini kami telah menerbitkan jurnal online kesehatan yang dapat diakses kapan pun oleh mahasiswa maupun masyarakat luas,” tegas Sudirman.

Kata dia, mahasiswa yang lahir di era digital ini memiliki akses terhadap informasi, jaringan yang lebih mendunia, bisa lebih update dari dosennya.

“Ini yang kami sesuaikan dengan perubahan tersebut. Namun, kami yakin perubahan itu tidak akan terjadi secara drastis. Namun harus siap dari awal sehingga tidak tertinggal,” tutup Sudirman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here