Ini Tips Menulis Artikel Ilmiah Kesehatan dari Anwar Mallongi

    0
    180

    MAKASSAR, – Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Anwar Mallongi, SKM., MSc.,Ph.D berbagi tips menulis artikel ilmiah kesehatan.

    Anwar Mallongi tercatat telah memiliki 22 tulisan terindeks Scopus menyampaikan pentingnya menulis artikel ilmiah. Salah satunya adalah memperoleh pengakuan dalam suatu komunitas kelimuan serta bentuk komitmen dalam mengembangkan ilmu ang telah dipilih.

    Selanjutnya, alasan lain mengapa harus menulis artiel ilmiah adalah menebarkan ilmu pengetahuan yang dikuasai untuk kemaslahatan umat, bentuk promosi kompetensi dan syarat untuk jabatan fungsional.

    Langkah yang harus dilakuan sebelum menulis jurnal kata Anwar, adalah pemilihan ide, pemilihan sumber tulisan, penyusunan struktur tulisan, pekerjaan menulis dan penyuntingan.

    “Yang perlu diperhatikan adalah susunan artikel, mulai dari judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, ucapan terima asih, ethical clearance dan daftar pustaka,” jelas Anwar.

    Kata dia, judul juga menentuan baik tidaknya tulisan ilmiah. Dimana judul harus informatif, lengkap, dan tidak lebih dari 16 kata.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here