Mahasiswa FKM UMI Ajarkan Perilaku Hidup Bersih ke Siswa TK Hingga SMP

    0
    139

    MAKASSAR, FKM UMI – Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) melakukan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada puluhan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) Kota Makassar.

    Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari, mulai dari tanggal 9 hingga 20 Desember 2017 lalu.

    Dosen pendamping Dr. Fairus Prihatin Idris, SKM., M. Kes mengatakan ini adalah tugas untuk mata kuliah Promosi Kesehatan (Promkes) sekaligus bentuk pengabdian kepada masyarakat.

    “Mahasiswa ini dibagi menjadi 13 kelompok yang tersebar di TK, SD dan SMP yang ada di Kota Makassar,” ujarnya saat ditemui di Lobi FKM UMI, Kamis (4/1/2018).

    “Untuk siswa TK dan SD, mahasiswa mengajarkan cara mencuci tangan pakai sabun, gosok gigi, buang sampah dan jajanan sehat,” tambahnya.

    Selain itu, mahasiswa FKM UMI juga mengajarkan siswa Sekolah menengah Pertama (SMP) tentang akibat pergaulan bebas dan bahaya HIV/AIDS.

    “Ternyata ada sekolah yang belum pernah mendapatkan penyuluhan kesehatan, dilakukan evaluasi dan terjadi peningkatan pengetahuan siswa tentang topik penyuluhan,” jelasnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here