MAKASSAR, FKM UMI – Mahasiswa semester 3 Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) akan mengikuti prektek klinik mata kuliah keperawatan dasar 2 awal Januari 2019 mendatang.

Sekretaris Prodi Keperawatan FKM UMI, Tutik Agustini S.Kep., Ns., M.Kep, saat ditemui diruangannya mengaku, praktek klinik ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia nyata praktek kesehatan itu seperti apa kepada mahasiswa sebagai calon perawat.

“Ini masih tahapan awal pengenalan dunia kesehatan kepada Mahasiswa jadi fokus prakteknya belum banyak berkontak langsung dengan pasien tetapi hanya sebatas pada komunikasi,” ujarnya, Selasa (12/12/2017).

Dirinya menyampaikan, ada beberapa Rumah Sakit (RS) yang rencananya akan dijadikan lokasi praktek klinik yakni RS Ibnu Sina, RS Bhayangkara, RS Pelamonia , RS syech yusuf, RS Islam Faisal dan RS Kota Makassar.

“Kami belum menentukan lokasinya sebab ini melalui tahapan rapat di jajaran Prodi Keperawatan,” imbuhnya.

“Namum sekarang sudah ada pembagian atribut berupa seragam perawat sebagai identitas mahasiswa praktek dari Keperawatan FKM UMI,” ungkapnya.

Perempuan kelahiran Sukoharjo, 5 Agustus 1978 ini menyampaikan, setelah praktek ini ada beberapa mata kuliah di semester 4 yang akan melakukan praktek juga seperti komunikasi keperawatan, konunikasi keperawatan 2, keperawatan maternitas dan keperawatan anak.

“Semoga mahasiswa bisa mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dan memaksimalkan penerapan ilmunya di lapangan nantinya,” tutupnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here