Lulusan Keperawatan FKM UMI Wajib Punya STR

    0
    181

    MAKASSAR, SUARASULSEL.COM –┬áSurat Tanda Registrasi yang disingkat STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi.
    Dengan STR, perawat dapat melakukan aktivitas pelayanan kesehatan secara legal.

    Hal ini dibenarkan dosen keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Brajakson Siokal S.Kep., Ns., M.Kep, saat ditemui di ruangannya, Senin (25/9/2017).

    \”Tanpa STR, lulusan tidak bisa diterima bekerja berkaitan dengan keperawatan atau kesehatan, dimanapun itu,\” ujarnya.

    Ia mengaku, STR tidak mudah untuk didapatkan. Setiap lulusan harus melalui beberapa proses panjang dan butuh kesabaran ekstra.

    Kata dia, sebelum mendapatkan STR, lulusan wajib melulusi uji kompetensi. Pada ujian ini, ada yang namanya firstaker dan re-taker.

    \”Firtstaker adalah mereka yang baru pertama kali mengikuti, jadi masih semangat. Sedangkan re-taker adalah mereka yang tidak lulus pada ujian pertama, jadi kadang semangat sudah hilang dan akhirnya mengikuti ujian ala kadarnya tanpa persiapan lebih,\” jelasnya.

    Uji kompetensi memang merupakan momok bagi lulusan perawat di seluruh Indonesia, tidak terkecuali bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI).

    \”Saya bersyukur karena FKM UMI menempati posisi ke-IV dalam jumlah lulusan peserta uji kompetensi, tapi tetap saja masalah ini harus jadi perhatian seluruh pihak,\” paparnya. (*)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here