MAKASSAR, FKM UMI – Dr. Andi Nurlinda SKM., M.Kes, salah satu dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) yang mengajarkan mengenai ilmu gizi dan kesehatan reproduksi.

Perempuan kelahiran Soppeng 10 Desember 1974 ini mengatakan, dalam memberika materi, dirinya pada umumnya banyak menjelaskan hubungan antara asupan gizi dan kesehatan reproduksi.

Misalnya hubungan antara asupan gizi dengan haid pertama, kanker payudara, kanker serviks, dan penyakit lainnya, ujarnya, Minggu (17/9/2017).

Sosok dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi menjelaskan, kekurangan asupan gizi tertentu memberikan efek buruk bagi tubuh. Contohnya, vitamin B17 dapat memicu penyakit kanker.

\”Ada teori yang menyatakan, kanker adalah multifaktorial. Tetapi penelitian terakhir, menunjukkan terjadinya kanker karena kekurangan vitamin B17,\” ujarnya.

Perempuan yang hobi merancang busana dan menyanyi ini mengatakan, vitamin B17 dapat ditemui pada beberapa jenis makanan seperti kacang almond, kacang mente, stroberi, tauge, dan rebung.

Alumni S3 GMSK IPB yang aktif diberbagai kegiatan sosial ini berharap, masyarakat, khususnya perempuan bisa mengkonsumsi makanan yang bervariasi setiap harinya.

Makanlah makanan yang berbeda setiap hari, agar kecukupan gizi terpenuhi. Kekurangan gizi bisa terjadi jika makan makanan yang sama setiap hari karena berdampak pada kelebihan gizi tertentu dan kekurangan gizi lainnya, jelasnya. (*)

BIODATA
Nama : Dr. Andi Nurlinda SKM., M.Kes

Tempat tanggal lahir : Soppeng, 10 Desember 1974

Alamat : Jl Rappokalling Raya

Agama : Islam
Status : Menikah

Mata kuliah yang diajarkan :

– Dasar Gizi

– Penilaian Status Gizi

– Gizi Daur Hidup

– Gizi dan Kesehatan Reproduksi

Hobi : merancang busana dan menyanyi

Riwayat pendidikan

– S1 FKM UNHAS

– S2 FKM UNHAS

– S3 GMSK IPB

Riwayat organisasi :

– Pembina Komunitas Gizi UMI

– Wakil Dekan FKM UMI 2010-2016

– ketua yayasan Dr. Andi Nurlinda SKM., M.Kes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here